banner

Visi

Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan teknologi yang menghasilkan calon pendidik, asisten peneliti, serta pengembang media dan bahan ajar dalam bidang matematika yang berdaya saing dan berkarakter Ahlussunnah Wal Jamaah An- Nahdliyah.

Misi

  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Program Studi Tadris Matematika yang cerdas, unggul, salih, dan moderat;
  2. 2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan profesional berbasis riset dan teknologi dalam bidang Pendidikan Matematika untuk menghasilkan calon pendidik, asisten peneliti, serta pengembang media dan bahan ajar yang mampu mengintegrasikan keilmuan dan keislaman;
  3. 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkarakter islami, berbasis kearifan lokal dan teknologi, serta berintegritas;
  4. 4. Mengembangkan harmonisasi Ilmu dan Islam melalui penelitian yang berkarakter islami, berbasis teknologi, berintegritas, dan berwawasan global.
  5. 5. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga atau instansi terkait (stakeholder) untuk keberlanjutan program akademik dan non akademik program studi.

Profil Lulusan

Menghasilkan Sarjana yang cerdas, unggul, salih, dan moderat.
Lulusan mampu mengembangkan Ilmu dan Islam melalui penelitian yang berkarakter.
Mampu menjadi pendidik di bidang matematika
Mampu mengabdi kepada masyarakat dengan karakter islami.

Berita & Pengumuman

gambar

kampusKamis, 24 Oktober 2024

Revitalisasi Kurikulum: Tadris Matematika Institut Alif Muhammad Imam Syafi’i mengembangkan Kurikulum Berbasis Visi Keilmuan dan Profil Lulusan!

Institut Alif Muhammad Syafi'i (INAMIS), melalui Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Kegiatan Review Kurikulum yang melibatkan Pakar Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Surabaya, Dr. Agung Lukito, M.S pada Rabu, 23 Oktober 2024. Review kurikulum merupakan langkah penting dalam memastikan relevansi program studi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja. Review yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum agar lebih sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan lulusan yang berkompeten. Dr. Agung sebagai pembicara utama memberikan pandangan kritis dan masukan berharga bagi penyempurnaan kurikulum Prodi Tadris Matematika. Dalam paparannya, Dr. Agung menekankan pentingnya penyesuaian kurikulum dengan visi keilmuan yang diusung oleh program studi. Beliau juga menggarisbawahi pentingnya kurikulum yang mencerminkan profil lulusan yang diharapkan, agar lulusan memiliki kompetensi yang meliputi pengetahuan, ketarampilan, dan sikap sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurut Dr. Agung, pengembangan kurikulum yang baik harus berfokus pada kesesuaian antara teori dan praktik, serta kemampuan lulusan dalam berinovasi dalam pembelajaran matematika. Banyak masukan konstruktif yang diharapkan dapat memperbaiki kurikulum untuk masa depan. Masukan-masukan tersebut mencakup pengembangan materi pembelajaran, penambahan kompetensi teknis, serta strategi pengajaran yang lebih efektif dan relevan. Dengan adanya evaluasi ini, Program Studi Tadris Matematika berharap dapat menghasilkan lulusan yang lebih unggul dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan.